System

AMD Cabut Dukungan Driver Untuk Hades Canyon

Masih ingat dengan sebuah produk dari Intel dengan code name “Hades Canyon”? Produk ini adalah sebuah mini PC yang mengusung prosesor mobile dari Intel tetapi menggunakan internal graphic dari AMD. Prosesor yang digunakan adalah Core i7-8809G, sebuah prosesor mobile yang menggunakan arsitektur Kaby Lake-G. Hadir dengan empat core dan delapan thread yang dapat berjalan dengan kecepatan hingga 4.2 GHz. Prosesor ini menggunakan fabrikasi 14nm+ dan memiliki TDP 100 Watt. Dari segi internal graphic, AMD menghadirkan Radeon RX Vega M GH. Graphic chip ini memiliki 24 CU dan 64 PPC, memiliki kecepatan 1063-1190 MHz dan memory 4 GB HMB2.

Kerjasama antara dua raksasa ini bisa terbilang unik dan kemungkinan besar kita tidak akan lihat lagi dalam jangka waktu yang lama. Ini terbukti dengan ketika Intel mengumumkan bahwa tidak akan lagi memproduksi Hades Canyon, AMD langsung menarik dukungan driver untuk IGP yang tertanam di NUC tersebut. Update terbaru dari Windows 10 pun tercatat tidak kompatibel karena driver yang tak terdukung.

Hades Canyon memang sebuah produk unik karena menggabungkan prosesor Intel dengan GPU AMD di dalam satu kemasan. Mengingat persaingan antara dua brand ini yang cukup sengit, kemungkinan besar Hades Canyon ini akan menjadi produk terakhir dimana mereka berkerjasama. Pada saat Hades Canyon ini dikeluarkan AMD dan Intel masih merasa saling membutuhkan. AMD belum punya prosesor mobile mumpuni dan Intel tidak solusi grafis yang bertenaga. Kini, AMD telah punya Ryzen mobile dan Intel sedang dalam proses mengeluarkan produk graphic card pertama mereka. Cukuplah kita sebagai konsumen mengheningkan cipta untuk Hades Canyon, kolaborasi yang bertenaga…pada zamannya.

Sumber: Techpowerup

Leave a Reply

Your email address will not be published.