Motherboard News

ASUS Hadirkan Motherboard AMD B450

Seiring dengan diperkenalkannya chipset AMD B450, produsen-produsen sudah mulai menggelontorkan motherboard yang menggunakan chipset tersebut ke pasaran. Salah satu nama yang paling awal dalam memperkenalkan produknya, tentu adalah ASUS. Produsen asal Taiwan memperkenalkan tiga lini utama yang akan mengusung chipset B450 ini. Lini tersebut adalah ROG Strix, TUF dan Prime.

ASUS sadar bahwa chipset B450 menawarkan sebuah kesempatan menarik untuk menyajikan sebuah motherboard yang dapat menarik perhatian dari enthusiast hingga user awam. Seperti yang telah kami bahas diberita peluncuran AMD B450, chipset ini adalah chipset kedua yang hadir untuk Ryzen seri 2000. Dia mewarisi sebagian fitur dari “kakaknya” X470, tetapi dengan harga yang lebih murah. Karena itulah ASUS mencoba mengeluarkan produk yang mencoba menawarkan solusi yang cocok untuk semua pihak.

ROG Strix

Strix B450-F Gaming
Strix B450-F Gaming

 

Lini ROG Strix hadir sebagai produk yang diperuntukan bagi para enthusiast dan gamer. Tentunya fitur yang ditanamkan kedalam lini ini difokuskan kepada performa dan estetika, dua faktor yang penting bagi penggiat PC dikelas ini. Untuk awal peluncuran, kelas ini akan ditempati olah dua buah motherboard. Motherboard yang pertama adalah ROG Strix B450-F Gaming. Produk yang mengusung form factor full size ATX ini cocok sekali untuk mereka yang membutuhkan kemampuan ekspansi yang lebih banyak. Designnya pun terlihat bersahaja tetapi tetap ramai.

ROG Strix B450-I Gaming
ROG Strix B450-I Gaming

Anggota lain dari ROG Strix yang menggunakan chipset B450 adalah ROG Strix B450-I Gaming. Motherboard ini mengusung form factor mini-ITX. Cocok untuk membangun PC mungil tetapi bertenaga. Ukuran dari board ini memang kecil, tetapi fitur yang diusungnya terbilang “besar”. Solusi pendingin yang ditanamkan pada produk bisa dikatakan cukup menyeluruh. Mulai dari pendingin untuk VRM, chipset sampai dengan dengan heatsink untuk dua M.2 SSD yang mampu ditampungnya. B450-I Gaming juga dilengkapi dengan solusi WiFi 802.11ac yang dilengkapi dengan antena 2×2 dan mendukung MU-MIMO yang diklaim dalam kondisi tertentu dapat mencapai kecepatan hingga 867 Mbps. Fitur ASUS DRAM OC Profiles  yang hadir pada board ini mampu menjalankan memory dengan kecepatan sampai dengan DDR4-3600, 400 Mhz lebih tinggi dari board B450 lainnya. Oh ya, sebagai tambahan board ini juga dilengkapi RGB dibagian belakangnya untuk memberi kesan backlit.

 

TUF Gaming

TUF B450M-Plus Gaming
TUF B450-Plus Gaming
TUF B450M-Plus Gaming
TUF B450M-Plus Gaming

Branding The Ultimate Force (TUF) dalam lini produk ASUS mencirikan produk yang mempunyai ketahanan tinggi. Sub brand TUF Gaming mencoba mengkombinasikan durabilitas dengan estetika dan difitur dari seri gaming. Penggunaan komponen kualitas tinggi untuk MOSFETs, choke dan kapasitor untuk memastikan stabilitas jangka panjang. Digabungkan dengan perlindungan untuk kepada PCB terhadap loncatan listrik elektrostatis membuat seri TUF Gaming berbeda dengan seri gaming biasa.

Tentunya fitur gaming seperti sistem audio yang lebih juga hadir dalam seri ini. Estetika produk ini pun lebih meriah dari seri TUF biasa. Kenyataaannya fitur-fitur inilah yang menarik perhatian para gamer (sigh).

Untuk chipset B450, ASUS menghadirkan dua varian untuk seri TUF Gaming. Yang pertama adalah TUF B450-Plus Gaming yang mengusung form factor Full ATX dan TUF B450M-Plus Gaming yang mengusung form factor microATX. Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip. Kedua mendukung penggunaan memory sampai sebesar 64 GB DDR4-3200, kemampuan dual graphics CrossFireX dan penggunaan satu buah strip RGB lighting sepanjang tiga meter (Penting!!). Perbedaan diantaranya adalah B450-Plus Gaming memiliki satu buah PCIe slot dan satu buah port USB 3.1 Gen 2 tambahan.

 

Prime

Prime B450-Plus
Prime B450-Plus
Prime B450M-A
Prime B450M-A

Tampilan tidak penting bagi Anda? Butuh something that just works? Seri Prime ini adalah piliha tepat bagi Anda. Seri Prime terkenal sebagai seri yang mementingkan performa diatas penampilan. Untuk chipset B450, ASUS menghadirkan Prime B450-Plus dan Prime B450M-A. Untuk Anda yang membutuhkan form factor ATX, B450-Plus pilihan yang cocok untuk Anda. Full ATX terlalu besar? Pilihan jatuh kepada B450M-A

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.