Review Smartphone

[DUEL] Smartphone Dua Jutaan: ASUS Zenfone Max Pro M1 vs XIAOMI Redmi 5 Plus

Design

 

Redmi 5 Plus

Tak banyak yang bisa disampaikan tentang design dari Redmi 5 Plus. Seperti halnya seri Redmi lainnya, smartphone yang satu ini masih mengusung rancangan yang mulai digunakan dari seri Redmi Note 3. Dengan body alumunium yang memiliki lekukan Pengguna yang telah menggunakan smartphone besutan Xiaomi lainnya akan dengan mudah terbiasa dengan design Redmi 5 Plus.

Kalau diperhatikan penampakan smartphone ini mirip sekali dengan “kakak”nya Redmi Note 4. Mulai dari penempatan tombol, garis antena hingga peletakan kamera dan finger point sensor. Jika disandingkan kedua produk Xiaomi ini terlihat identik. Redmi 5 Plus memiliki dua perbedaan nya mencolok, ukurannya yang lebih besar (sedikit sih) dan penggunaan on-screen button untuk fungsi navigasi (Redmi Note 4 menggunakan tombol fisik).

ASUS Zenfone Max Pro M1

Smartphone besutan ASUS ini terlihat mengusung rancangan minimalis. Seperti anggota lain dari lini Max Pro, perangkat ini terlihat “semok” dan berisi. Karena “fitur” utamanya yang difokuskan kepada kapasitas baterai yang besar membuat design dari perangkat menyesuaikan dengan tujuan tersebut. Bentuk yang sederhana, tanpa embel-embel yang nyeleneh atau gimmick yang berlebihan mencerminkan filosofi produk keseluruhan yang ingin ditekankan ASUS pada produk ini. Pesan tersirat yang menyatakan bahwa “kehebatan” dari smartphone terdapat di jeroannya.

Side By Side

Walau menggunakan battery dengan kapasitas yang lebih besar dari Redmi 5 Plus, secara ukuran keduanya terlihat identikal. Hal ini dicapai ASUS dengan menggunakan garis lekuk bodi yang tidak setajam lekuk dari Redmi 5 Plus. Max Pro M1 cenderung memiliki lekuk yang lebih lebar dan inilah yang memberikan kesan bahwa smartphone ini lebih besar. Kenyataan kedua smartphone ini memiliki ukuran yang hampir identik. 

Xiaomi menyediakan satu fasilitas yang mungkin akan dicintai sekali oleh penggemar selfie. Di sebelah kamera depan dari Redmi 5 Plus terdapat lampu LED yang akan menyala bila mode selfie diaktifkan. Ini menjamin selfie yang Anda ambil akan mendapatkan kondisi pencahayaan yang optimal.

Kedua smartphone ini memiliki pemindai sidik jari dengan penempatan yang sama. Terlihat pula bahwa ASUS memilih menggunakan sistem dual kamera, sedangkan Xiaomi memilih jalan yang lebih konservatif dengan menggunakan opsi single kamera. Sistem dual kamera yang ditanamkan ASUS kedalam Zenfone Max Pro M1 berbeda dengan sistem pada umumnya. Lensa kedua dari sistem tersebut hanya digunakan untuk mengukur depth sebuah photo. Informasi depth berguna untuk menghasilkan efek bokeh atau portrait.

 Bagian atas dari wakil Xiaomi dipenuhi dengan berbagai macam port. Redmi 5 Plus masih dilengkapi headphone jack. Port ini diletakkan dibagian atas smarphone dan terletak di sebelah IR blaster. IR blaster ini yang sering membuat banyak pengguna menjuluki smartphone Xiaomi sebagai smartphone remote. Kami sendiri merasa fitur ini cukup berguna, terutama ketika remote TV atau AC tiba-tiba raib. 

Bagian atas dari Zenfone Max Pro M1 sendiri yang hanya ditempati oleh sebuah lubang microphone.

Bagian bawah dari Zenfone Max Pro M1 sendiri dipenuhi dengan berbagai macam output. Berbeda dengan Redmi yang menaruh headphone jack dibagian atas, Max Pro M1 menaruh port ini bagian bawah.  Redmi 5 Plus meletakan speaker dan mic dibagian bawah unit. Tentunya meletakan speaker dibagian bawah dianggap tidak ideal karena kemungkinan tertutup lubang speaker pada saat mengkonsumi konten dalam mode landscape. Sayangnya ASUS pun meletakkan lubang speaker diposisi yang kurang lebih sama. 

Perbedaan yang mungkin akan membuat pengguna “terpaksa” memilih salah satu dari smartphone ini adalah SIM traynya. ASUS memilih untuk melengkapi Max Pro M1 dengan dua buah slot SIM dan satu buah slot microSD. Ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM dan tetap dapat menggunakan kartu memory tambahan untuk menambah kapasitas media penyimpanan internal. Xiaomi sendiri membuat pengguna harus memilih untuk menggunakan nomor kedua atau menambah media penyimpanan internal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *