News

Fujifilm Eropa Tak Sengaja Bocorkan Spesifikasi XT-100

Kebocoran informasi tidak selamanya berakibat buruk. Munculnya informasi sebelum seharusnya dikeluarkan dapat membangun hype bagi sebuah produk. Tak jarang malah membantu penjualan dari produk itu sendiri. Walau begitu secara umum, kebocoran informasi tersebut selalu ditanggapi dengan nada yang serius dari produsen. Namun terlihat dari sering terjadinya kejadian seperti ini, banyak yang menduga bahwa kebocoran informasi tersebut terkadang dijadikan sarana marketing dari produsen.

Kali ini yang menjadi “korban” kebocoran tersebut adalah Fujifilm EU. Mereka secara tidak sengaja menampilkan halaman spesifikasi dari kamera yang kabarnya akan diluncurkan pada tanggal 22 Mei 2018, yaitu Fuji XT-100. Sebelum sempat diturunkan, spesifikasi tersebut telah discreenshot oleh website spesialis rumor digital imaging asal Jepang, Nokishita.Website ini memberikan informasi yang cukup kredibel terkait dengan berita dan rumor mengenai kamera baru yang akan diluncurkan.

Beberapa spesikasi yang dibocorkan adalah:

  • Sensor: 24.2 Megapixel APS – C CMOS sensor
  • Continuous shooting: Approximately 6.0 frames / sec (continuous recording number: JPEG is about 26), about 3.0 frames / sec (continuous recording number: JPEG is unlimited)
  • Video: 4K15p, full HD 60p
  • Rear liquid crystal: 3.0 type 104 million dots 3 way tilt touch panel liquid crystal
  • EVF: 0.62 times 2.36 million dot Organic EL
  • Wi-Fi · Bluetooth installed
  • Color: Black · Dark Silver · Champagne Gold
  • Size: 121.0 (W) mm x 83.0 (H) mm x 47.4 (D) mm
  • Weight: 399 g (main body only) · 448 g (including battery and memory card)

Secara sekilas spesifikasi diatas, XT-100 sepertinya memiliki basis pada XA-5 dengan beberapa fitur yang berbeda. Perbedaan tersebut meliputi buffer yang lebih besar, 3-way adjustable touchscreen dan built-in EVF. Perubahan ini sayangnya tidak diikuti oleh battery life yang diusung. Karena masing menggunakan batere yang sama dengan XA-5, XT-100 kemungkinan besar akan memiliki battery life yang lebih buruk.

Seperti halnya rumor lainnya, sebuah informasi yang didapatkan harus ditanggapi dengan sikap yang skeptis. Kita harus menunggu peluncuran dari XT-100 untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Sumber: DPReview

Leave a Reply

Your email address will not be published.