Computex 2018 News

Motherboard “Monster” Untuk X399: MSI MEG X399 Creation

Computex 2018 menunggu kemungkinan datangnya platform-platform seperti Intel Z390 atau AMD B450, bahkan AMD Z490. Tetapi bukan berarti platform lama seperti AMD X399 dilupakan oleh produsen motherboard. Memang ketika Ryzen 2 diperkenalkan, AMD belum memperkenalkan penerus dari Threadripper, baik prosesor atau pun chipset. Sehingga perwakilan AMD untuk High End Desktop (HEDT) masih diisi oleh Threadripper dengan pasangan chipset X399.

Mungkin karena itulah MSI memilih Computex 2018 untuk memperkenalkan motherboard terbaru mereka untuk chipset X399. Produk yang mengusung nama MSI MEG X399 Creation dapat dikatakan sebagai “monster”. Bukan hanya karena ukuran yang hampir mendekati form factor E-ATX, tetapi juga berdasarkan spesifikasi yang mengisi motherboard ini. Mulai dari pendingin berbasis heatpipe yang menutupi VRM disekitar socket dan juga chipset. Heatsink ini merupakan salah satu pendingin terbesar yang pernah kami temui dalam sebuah motherboard. Mengapa motherboard ini memiliki pendingin yang begitu besar? Karena dia tidak hanya bertugas mendinginkan VRM 19 phase, tetapi juga tiga dari tujuh slot M.2 yang disediakan oleh motherboard ini. Motherboard ini juga dilengkapi dua buah konektor 8-pin EPS untuk memberi daya cukup untuk Threadripper yang haus tenaga. Daya tersebut juga dipergunakan untuk empat buah slot PCIe 3.0 x16 yang mampu menampung empat buah graphic card.

Motherboard ini juga dilengkapi 10 buah PWM fan control dan tiga buah dedicated thermal sensor. Untuk konektivitas jaringan, tersedia dua buah port ethernet yang ditenagai oleh chipset dari Intel dan juga koneksi Wi-Fi yang juga dikendalikan oleh chipset dari Intel.

Sumber: TechPowerUp

Leave a Reply

Your email address will not be published.