Motherboard News

AMD Umumkan Peluncuran Chipset B450

Hari ini AMD umumkan peluncuran chipset generasi kedua Ryzen untuk kelas mainstream. Chipset yang dinamakan B450 merupakan penerus dari chipset kelas tengah sebelumnya, B350. Sebelumnya untuk memaksimalkan kemampuan Ryzen seri 2000, pengguna harus membelikan motherboard dengan chipset X470. Dengan kehadiran B450, hadir solusi motherboard yang lebih terjangkau.

Seperti halnya chipset X470, B450 memiliki TDP yang lebih rendah sehingga memungkinkan produsen motherboard untuk memberikan solusi pendingin yang lebih sederhana dibandingkan seri sebelumnya. Chipset ini juga mengusung fitur seperti XFR 2 dan Precision Boost Overide yang juga hadir pada chipset X470. Motherboard yang menggunakan chipset ini kemungkinan besar akan menduduki rentang harga satu sampai dua juta Rupiah tergantung dengan fitur yang ditanamkan oleh masing-masing produsen.

Konektivitas yang ditawarkan oleh chipset baru ini pun cukup lengkap. Kemampuan untuk menawarkan dua buah USB 3.1 Gen1 dan Gen2, enam buah USB 3.0, enam buah jalur PCIe 2.0 (jalur ini dapat digunakan untuk Gigabit Ethernet, WLAN atau fitur lainnya) dan enam buah port SATA3 Gbps, dapat dikatakan melimpah untuk sebuah chipset kelas menengah. Tentunya penggunaan fitur ini bergantung kepada produsen motherboard, karena semakin banyak fitur yang digunakan, semakin tinggi pula harga dari motherboard.

AMD juga menjamin bahwa motherboard yang menggunakan chipset B450 backward compatible dengan seri Ryzen sebelumnya. Mereka juga memastikan bahwa semua prosesor yang mereka keluarkan sampai tahun 2020 masih menggunakan socket yang sama dan akan tetap dijamin compatibilitynya.

Jika pada chipset sebelumnya fitur StoreMI hanya tersedia pada chipset seri X, untuk B450 fitur ini hadir secara langsung. Fitur StorMI sendiri adalah sebetulnya adalah teknologi SSD caching dari AMD. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan SSD berukuran kecil untuk mempercepat kerja hard driver berukuran besar. Solusi ini berguna bagi pengguna kelas menengah yang belum mampu membeli SSD berukuran besar.

Hadirnya B450 merupakan angin segar bagi pengguna yang ingin mengadopsi Ryzen seri 2000 dan mendapatkan performa yang maksimal. Tentunya semua produsen motherboard telah siap dengan produknya masing-masing. Tunggu beritanya hanya di GeekZNinja.com 😉

Sumber: TechPowerUp

Leave a Reply

Your email address will not be published.