Cooling News

Noctua Akan Luncurkan Heatsink Pasif Tahun Ini

Noctua memang sebuah perusahaan pendingin yang merancang produk dengan fokus terhadap tingkat kebisingan. Itulah mengapa logo mereka berbentuk burung hantu. Percaya atau tidak, performa yang didapatkan dari produk mereka hanyalah “efek samping” dari tujuan untuk mencapai tingkat keheningan yang terbaik. Tetapi tentunya tidak ada pendingin yang menggunakan element aktif seperti kipas yang akan benar-benar hening. Yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisir tingkat kebisingan kipas. Satu-satunya cara untuk mendapatkan pendingin yang benar-benar hening adalah dengan membuat pendingin tersebut pasif. Bagi Noctua ini adalah tujuan utama mereka, menghasilkan pendingin pasif dengan performa yang optimal.

Berbagai cara sudah dikerjakan Noctua. Mulai dari memperkenalkan prototipe pendingin dengan active noise cancelling. Sepertinya caranya ini belum menghasilkan produk yang memuaskan. Oleh karena itu pada Computex 2019, Noctua membawa prototipe produknya yang benar-benar pasif. Prototipe ini kabarnya dapat mendinginkan sebuah Intel Core i9 9900K dengan load sampai dengan 180 Watt di dalam casing yang hanya dilengkapi dengan kipas yang diatur untuk kesunyian. Heatsink ini mempunyai berat 1.5 Kg dan mendukung socket AMD AM4 dan Intel LG 115x.

Kabarnya prototipe ini akan menjadi patokan untuk sebuah heatsink pasif yang akan hadir di akhir 2020 atau awal 2021. Jika berkaca pada purwarupa ini, kami cukup optimis Noctua akan berhasil dalam tujuannya untuk mencapai sebuah produk yang benar benar pastif. Kabar ini juga menjadi angin segar bagi dunia pendinginan, mengingat inovasi dibidang ini cukup minim.

Sumber: Overclock3d.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.